TYPES OF ANIMATION


Animasi berasal dari kata “animation” yang dalam bahasa Inggris “to animate” yang artinya menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai proses perubahan bentuk atau benda yang ditampilkan dalam kurun waktu atau durasi tertentu. Dilihat dari tehnik pembuatannya, animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu animasi stopmotion, tradisional dan komputer.

Animasi Stopmotion sering juga disebut claymation, karena dalam perkembangannya jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai obyek benda yang digerakan. Animasi stopmotion merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa obyek yang digerakan setahap demi setahap. Contoh film yang dibuat dengan animasi stopmotion antara lain, Gumby, Wallace and Gromit, Chicken Run dan lainnya.

Animasi Tradisional adalah tehnik animasi yang paling dikenal sampai saat ini, dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan saat animasi pertama kali dikembangkan. Tehnik tradisional juga sering disebut animasi cel (celluloid), karena pengerjaannya menggunakan celluloid transparan. Pada pembuatannya setiap gerakan digambarkan satu persatu di atas cel. Contoh animasi yang dibuat dengan animasi tradisional antara lain, Mickey Mouse, Tom and Jerry dan lainnya.

Animasi Komputer, pada jaman sekarang teknologi digital dalam pembuatan animasi menjadi jauh lebih mudah, dan lebih menghemat waktu, juga turut menyelamatkan ribuan juta pohon yang dijadikan kertas untuk menggambar sebuah animasi. Tehnik pembuatan animasi tradisional yang menggunakan cel atau kertas sudah mulai bergeser ke komputer, dimana dikenal juga dengan animasi dua dimensi (2D). Animasi komputer juga ada yang dikerjakan dalam tiga dimensi (3D) dengan menggunakan sofware animasi yang beragam. Contoh animasi komputer 2D adalah Naruto, Avatar, Ben Ten dan lainnya. Sedangkan animasi 3D seperti Cars, The Incredible, The Adventures of Tintin dan lainnya.

Komputer telah membuat sebuah teknik baru animasi yang luar biasa dan memberikan kesempatan bagi studio-studio animasi yang ada untuk berkembang, juga untuk para amatir yang menyukai animasi dapat dengan mudah membuat animasi tanpa harus memiliki studio. Komputer sekarang dapat membuat ekspresi yang lebih artistik dalam pembuatan animasi yang ada terdahulu, dan hal ini membuat komputer selangkah lebih maju dari teknik manual. Namun komputer tidak akan pernah bisa menggantikan animator, hanya bisa membuat mereka lebih bagus dari sebelumnya.

Layaknya sebuah film, animasi yang baik adalah film animasi yang memiliki kekuatan cerita. Karena esekusi yang baik tanpa sebuah konsep yang baik, tidak akan menghasilkan film yang baik.

2 thoughts on “TYPES OF ANIMATION

  1. July 31, 2015 at 8:24 am

    I’m thinking of writing a blog post in response. Would you mind if I link to your website from my article?

  2. Milla
    December 19, 2015 at 12:28 pm

    wah menarik sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *